Facebook Gratis diblokir oleh regulator India


Regulator India telah diblokir facebook gratis, layanan Facebook kontroversial diperjuangkan oleh kepala eksekutif Mark Zuckerberg yang memberi orang akses gratis tapi terbatas ke Internet pada perangkat mobile.

Telecom Regulatory Authority of India mengatakan layanan tersebut seharusnya tidak diperbolehkan untuk "membentuk" pengalaman pendatang baru 'dari internet.

"Ini bisa menjadi berisiko dalam jangka menengah dan jangka panjang sebagai pengetahuan dan pandangan dari para pengguna akan dibentuk hanya oleh informasi yang tersedia melalui mereka pilih penawaran," kata lembaga itu.

Tapi, lembaga itu mengatakan, "menyediakan data bebas terbatas yang memungkinkan pengguna untuk mengakses seluruh Internet tidak dilarang."

Zuckerberg mengatakan ia kecewa dengan keputusan tapi tetap berkomitmen "untuk terus bekerja untuk mendobrak hambatan untuk konektivitas di India dan di seluruh dunia."

"Menghubungkan India adalah tujuan yang penting kita tidak akan menyerah pada, karena lebih dari satu miliar orang di India tidak memiliki akses ke Internet," tulisnya dalam posting Facebook. "Kita tahu bahwa menghubungkan mereka dapat membantu mengangkat orang dari kemiskinan, menciptakan jutaan lapangan kerja dan menyebar kesempatan pendidikan."

Peraturan yang dikeluarkan hari Senin datang setelah berbulan-bulan perdebatan publik atas layanan data mobile gratis yang mendukung beberapa layanan internet.

USA TODAY
Facebook Internet.org menghadapi serangan tumbuh

Dasar-dasar gratis menyediakan pengguna di negara berkembang dengan akses gratis ke Facebook dan situs-situs lain pilih pada perangkat mobile. Facebook mulai menawarkan layanan di India tahun lalu tapi dengan cepat datang di bawah api dari kritikus yang mengatakan itu melanggar netralitas jaringan, prinsip bahwa penyedia internet harus memberikan akses yang sama untuk semua konten di Internet.

Dengan 1,2 miliar orang, India adalah pasar yang penting bagi perusahaan teknologi AS seperti Facebook. Facebook sudah memiliki sekitar 130 juta pengguna di India, terbesar kedua setelah AS

USA TODAY
Mark Zuckerberg membela Internet.org di India

Facebook berkampanye untuk Dasar Gratis di India dan Zuckerberg pribadi mengambil pencela dalam op-ed untuk Times of India.

"Bukannya menyambut Dasar Gratis sebagai sebuah platform terbuka yang akan bermitra dengan telco apapun, dan memungkinkan setiap pengembang untuk menawarkan layanan kepada orang-orang secara gratis, mereka mengklaim - palsu - ini akan memberi orang lebih sedikit pilihan," tulis Zuckerberg. "Alih-alih mengakui bahwa Gratis Dasar sepenuhnya menghormati netralitas bersih, mereka mengklaim - palsu - sebaliknya."

0 komentar

Posting Komentar